Keutamaan Al-Quran Bagi yang Mempelajari dan Mengajarkannya

No comments

Dari Usman r,a.Rasulullah SAW bersabda ''sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Qquran dan mengajarkannya''. (HR. Bukhari, Abu Daud, Tirmizi, Nasai, dan Ibnu Majah).
   
Kita mengetahui Al-Quran adalah inti agama, menjaga dan menyebarkan nya berarti menegakkan agama, sehignga sangat jelas keutamaan mempelajari dan mengajarkannya walaupun bentuk nya berbedada. Baik bila kita mau mempelajari nya. Namun alangkah baik lagi apabila kita mampu mengetahui maksud dan kandungan nya sebagai mana diterangkan dalam hadis-hadis bahwa mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya itu lebih utama dari pada segalanya.

Disebutkan dalam hadis lainnya oleh Mulla Ali Qari r.a bahwa barang siapa yang menghafal Alquran, maka ia telah menyimpan ilmu kenabian di dalam kepalanya., sehingga Sahal r.a berkata''Tanda-tanda cinta kepada Allah SWT adalah menanamkam rasa cinta terhadap Al-Quran di dalam hati nya''. Imam al-Ghazali menerangkan dalam syarah Ihya yang bahwa diantara golongan-golongan yang mendapatkan naungan Arsyi Ilahi pada hari kiamat yang penuh dengan ketakutan adalah orang yang mengajarkan Al-Quran kepada anak-anaknya  dan orang yang mempelajari Al-Quran ketika kanak-kanak dan selalu menjaganya sehigga sampai masa tuanya. Sekian dari kami, semoga bermamfaat;-)

No comments

Post a Comment