Fadilah Keridhaan dari Orang Tua

No comments


Majalahumdah.com Dalam satu atsar diceritakan bahwa Nabi Musa meminta kepada Allah supaya Fir’un dibinasakan. Namun doa Musa tak kunjung di ijabah. Musa sempat heran. Setelah 40 tahun baru Fir’un mati dan Doa Musa telah dikabulkan. Para ulama berkomentar bahwa doa Musa AS kalah dengan doa Ibunda Fir’un yang meminta kepada Allah agar dia di panjang kan umurnya.

Kehidupan orang sukses tidak terlepas daripada restu orang tua mereka, sebagaimana kisah diatas menunjukan bahwa Allah menerima doa Ibu mereka padahal mereka adalah orang yang tidak beriman. Sebaliknya seseorang akan kian hina dan terus hina jika hubungan dengan dua orang tua mereka tidak langgeng.

Wajar jika kemudian orang tua sebab seseorang menuju posisi kesuksesan dan masa masa masa emas dengan sebab kebaikan mereka dengan orang tua sebab orang tua adalah sebab seseorang lahir di dunia dan ber nikmat- nikmat dengan dunia. 

 Imam Al Hafid Hasan Al Mas’udy menginformasikan didalam master piecnya Taisir Akhlak fil Ilmi Akhlak bahwa :

الوالدين هما السبب فى وجود الإنسان لو لا عناؤهما ما استراح ولو لا شقاؤهما ما تنعم

Dua orang tua penyebab adanya insan, kalau bukan susah payah keduanya, tidak merasa senanglah insan dan kalau bukan kesukaran keduanya, maka insan tidak mengecap kenikmatan.

Pengorbanan orang tua kepada anak mereka di abadikan Allah dalam Alquran :

 وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ
Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah” (QS. Lukman: 14)

Maka pantas saja kedudukan kemuliaan seorang anak sangat dekat dengan keridhaan orang tua mereka kepada mereka. Seperti kisah Uwais yang memperoleh predikat ke walian kendati dia begitu setia berkorban untuk Ibunya , kerinduannya kepada Rasulullah tidak pernah terpenuhi, kerinduan yang dalam itu masih kalah dalamnya dengan ketakutan nya jika orang tuanya marah atau boleh saja diam dari pada kata kata yang baik. Hingga akhirnya semua pengorbanan terbayar sudah dengan pengakuan langsung dari Rasulullah SAW bahwa Uwais adalah orang yang tidak terkenal di bumi namun namanya  begitu masyhur  langit.

riz.ar




No comments

Post a Comment