Keutamaan Ayat Kursi

No comments


Majalahumdah.com Alquran adalah mukjizat yang paling agung. Allah memberikan Alquran sebagai kompas bagi manusia kendati manusia adalah muara dari segala sumber kealahan. Alquran sebagai petunjuk, manusia tidak akan tersesat dalam rimba dunia bilamana dia mengikuti Alquran. Danbila dia sudah tersesat dengan Alquran manusia itu temukan jalan pulang dengan Alquran. Kebahagiaan serta keberkahan hidup tidak ada jalan lain kecuali dengan mengikuti Alquran sebagai The Way Of Life.

Secara umum surah surah dalam Alquran memiliki keutamaan. Namun dalam meniti kehidupan sehari hari Alquran juga memberi kita contekan ayat dan surah apa untuk dibaca pada waktu waktu tertentu. Seperti yang digambarkan oleh Al-Imam al-Allamah Abu Zakaria Muhyuddin bin Syaraf an-Nawawi ad-Dimasyqidalam At Tibyan fi adabi Hammalat Alquran. Imam Nawawi menuliskan satu bab yang berjudul Al-ayat wa al-suwar al-mustahabbah fi auqatin makhsushatin, bab yang menjelaskan tentang surat-surat atau ayat-ayat yang dianjurkan untuk membacanya pada waktu-waktu tertentu, misalnya Ayat Kursi.

Ayat Kursi adalah ayat yang paling afdal kendati di dalamnya terkandung ketauhidan. Ayat Kursi di dalamnya mencakupi masalah terpenting menyebut kalimat Allah SWT dan menafikan segala kelemahanNya. Penamaan ayat Kursi dengan ayat Kursi karena didalam ayat ini mengandukung kalimat Kursi. (Hasyiyah Shawi ala Tafsir Jalalain h. 164 juz I)

Terkait ayatKursi, ulama kontemporer Prof Wahbah Zuhaili berkomentar“ Inilahayat Kursi yang biasanyasangatdiperhatikan oleh banyak orang. Mereka menghafal, membaca setiap pagi dan petang serta menggunakannya sebagai ruqyah untuk mengobati sakit. Sebab di dalam nyater dapat rahasia yang agung, makna yang sempurna dan akidah yang menyeluruh.

Adapun Kursi adalah Ciptaan Allah yang besar terletak diatas langit ketujuh yang ditanggung oleh empat malaikat. Empat malaikat itu memiliki empat wajah. Kaki kainya berada dibawah batu besar terletak dibawah bumi yang ketujuh. Empat malaikat itu memiliki surah atau bentuk Nabi Adam, memohon rezeki untuk anak anak Adam. Bentuk Sapi Jantan memohon rezeki untuk bahaim. Bentuk Elang memohon rizki untuk burung burung. Dan dalam bentuk sabu’ memohon rezeki untuk bintang bintang buas. Jarak diantara para malaikat dan Kursi adalah 70 hijab kegelapan dan 70 hijab cahaya. Ketinggian tiap tiap hijab adalah 500 tahun. 

Hal ini supaya mereka tidak terbakar karena menanggung Kursi. Arasyi dan Kursi dicipakan Allah semata karena kehendak Allah bukan kerana perlu kepada keduanya. Pengarang Jauharah Tauhid mengatakan:    العرش والكسي ثم القلم والكاتون اللوح كل حكم (Hasyiyah Shawi ala Tafsir Jalalain h. 165 juz I)
Diantara keutamaan membaca Ayat Kursi yang disebutkan dalam Hasyiyah Shawi ala Tafsir Jalalain h.164 juz I adalah :
من قراها عند خرجوج من بيته كان فى ضامن الله حتى يرجع
“Siapa saja yang membaca ayat Kursi ketika keluar rumah, niscaya dia dalam perlindungan Allah sampai dia pulang”

منقرأايةالكرسىدبركلصلاةمكتوبة،لميعنمهمندخولالجنةإلاالموت
“Siapa saja yang membaca ayat Kursi setiap selesai shalat fardhu niscaya tidak ada yang menegahnya dari pada surga kecuali kematian”.

يا علي علمها ولدك واهلك وجيرناك فما نزلت آية أعظم منها
“Rasulullah SAW berkata kepada Sayyidina Ali RA: “Wahai Ali, ajarkanlah ini kepada anak-anakmu, kepada keluargamu dan kepada para tetanggamu, karena tidak diturunkan ayat yang lebih mulia dari ayat ini (ayat kursi).”

ما قرئت فى دار الا هجرتها الشياطين ثلاثين يوما ولا يدخلها ساحر ولا ساحرة اربعين ليلة
“Tidaklah dibaca ayat Kursi di dalam rumah kecuali sunyi rumah tersebut oleh setan selama 30 hari dan tidak dimasuki penyihir selama 40 malam”

من قرآها اذا اخذ مضحعه آمنه الله على نفسه وجاره وجار جاره و الأبيات حوله
“Siapa saja membaca ayat Kursi bila dia hendak tidur niscaya Allah memberikan keamanan kepadanya dan kepada tetangganya dan tetangga tetangganya dan rumah rumah disekitarnya”

Suatu ketika Malaikat Jibril AS  bertemu dengan Nabi Musa AS. Malaikat Jibril berkata : “Sesungguhnya Tuhanmu mengatakan bahwa barangsiapa membaca sekali dalam selesai shalat fardhu:
اللهم إني أقدم إليك بين يدي كل نفس ولمحة وطرفة يطرف بها أهل السماوات وأهل الأرض وكل شيئ هو في علمك كائن أو قد كان، أقدم إليك بين ذلك كله : اللهُ لآَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَنَوْمُُ لَّهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيم.
Sesungguhnya siang dan malam itu ada 24 jam dan pada setiap 1 jam diangkat sebanyak 70 juta kebaikan bagi orang yang membacanya dan para Malaikat akan sibuk mencatat (besarnya kebaikan) dari bacaan itu.”
Abu Hurairah RA bahwasa Rasulullah SAW bersabda:


إنلكلشيءسناما،وإنسنامالقرانسورةالبقرة،وفيهاايةسيدةايالقرانايةالكرسى.
Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk dan punuknya Alquran adalah surat al-Baqarah dan di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat Alquran adalah Ayat Kursi.”HR. at-Turmudzi(Itqan fil Ulumil Quran h.537)

Demikian fadilah yang bisa diraih dalam ayat Kursi. Semoga kita adalah hamba yang diberikan taufik agar istiqamahmengamalkannya.

riz.ar





No comments

Post a Comment