Imam Al-Kisa’i Berdebat Dengan Ahli Fiqh

No comments





من تبحر في علم  تبجر في سإىر العلم
Majalahumdah.com Begitulah sahabat kata pepatah yang ribut kita dengar, sehingga seorang ahli nahwu dengan kaidahnya nahwunya mampu menjelajahi ilmu yang lain. Fikih misalnya kita bisa mengambil pelajaran dari kisah muzakarah Imam Kasai seorang ahli Nahwu dengan Abu Yusuf seorang fakih.
Imam As-Suyuti mengkisahkan. Pada suatu ketika Abu Yusuf menemui Khalifah Harun Ar Rasyid dan bersama raja ada Imam Kasai. Kemudian terjadi perbincangan diantara mereka.

Abu Yusuf berkata : “ Jika engkau belajar ilmu fikih maka itu lebih mulia bagi anda”
Imam Kasai menjawab “ wahai Abu Yusuf , bagaimana pendapat anda terkait seorang lelaki yang mengakui padanya terdapat hak orang lain dengan lafad  
"على مائة درهم الا عشرة دراهم الا درهما واحد"
“Berapakah yang wajib diatas lelaki tersebut ? “ Abu yusuf Menjawab “89 Dirham” Imam Al-Kisa’i berjata “Anda salah” dengan penuh keheranan Abu Yusuf Bertanya”kenapa Saya salah” Imam Al-kisa’i menjawab “ kerna Allah berfirman:

قَالُوا إِنَّا أُرْسِلْنَا إِلَى قَوْمٍ مُجْرِمِينَ (58) إِلا آلَ لُوطٍ إِنَّا لَمُنَجُّوهُمْ أَجْمَعِينَ (59) إِلا امْرَأَتَهُ قَدَّرْنَا إِنَّهَا لَمِنَ الْغَابِرِينَ (60)

"Bahwa sesungguh nya kami, diutus kepada kaum yang berdosa(58), kecuali Lut beserta pengikut-pengikut Luth . Sesungguhnya kami  menyelamatkan mereka semuanya,(59) kecuali istrinya. Kami telah menentukan bahwa sesungguhnya ia itu termasuk orang-orang yang tertinggal (bersama-sama dengan orang kafir lainnya)(60).”{AlHijr:58-60}. Menurut Anda kalimat امْرَأَتَهُ  yang ada dalam ayat  tersebut diistisna’kan dari  آلَ atau قَوْمٍ ?"

Abu Yusuf menjawab “diistisna’kan dari  آلَImam Al-Kisa’i  lanjut bertanya “kalau begitu berapakah yang wajib di ats laki-laki tersebut dari iqrarnya?” Abu Yusuf Menjawab”91 Dirham”
Jadi dapat kita ambil pelajaran dari kisah diatas Marilah kita perdalam ilmu yang kita pelajari semoga dengannya kita bisa mendapat ilmi yang lain. Amiin.



(Oleh : Ibnu Budiman MA S:4 U:1)

No comments

Post a Comment